Rubrik Teknologi: Honda Kenalkan Mesin Hybrid i-MMD di GIIAS 2018

Laman

Senin, 06 Agustus 2018

Honda Kenalkan Mesin Hybrid i-MMD di GIIAS 2018

INILAHCOM, Tangerang - Ajang pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, juga dimanfaatkan oleh Honda Prospect Motor (HPM) untuk menampilkan mesin peraga berteknologi Hybrid Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD) untuk pertama kalinya di Tanah Air.

Sejalan dengan tema 'Accelerating Innovation' yang diusung Honda dalam pameran GIIAS 2018, teknologi ini merupakan salah satu inovasi Honda untuk menghasilkan performa berkendara yang lebih hemat bahan bakar, ramah lingkungan namun tetap sporty.

Melalui alat peraga tersebut, pengunjung dapat melihat simulasi kerja mesin Hybrid i-MMD yang mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar lebih efisien dan menambah jarak tempuh mobil secara signifikan.

Teknologi mesin ini bekerja dengan menggunakan tenaga motor tanpa menyalakan mesin terus menerus, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.

Secara berkelanjutan, tenaga motor dan mesin berbahan bakar akan bekerja secara bergantian selama perjalanan sehingga teknologi i-MMD menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih baik dari mesin konvensional.



Teknologi i-MMD juga unggul dalam akselerasi dibandingkan mesin konvensional. Saat menginjak pedal gas, teknologi ini menggunakan tenaga motor yang dapat memberi respon lebih cepat, sehingga waktu yang diperlukan untuk berakselerasi menjadi lebih singkat dibandingkan dengan mesin konvensional yang biasanya membutuhkan waktu dari sejak pedal gas ditekan hingga mobil melaju.

Dengan kata lain, teknologi i-MMD mewujudkan akselerasi yang lebih responsif dan halus.



Untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih maksimal, i-MMD menyediakan tiga mode berkendara yang akan berganti secara otomatis sesuai dengan medan jalan, yakni EV Drive Mode yang hanya menggunakan tenaga baterai, Engine Drive Mode yang menggunakan bahan bakar bensin, dan Hybrid Drive Mode yang memadukan keduanya.

Efisiensi bahan bakar yang tinggi pada teknologi i-MMD dicapai melalui kolaborasi dari lima sistem berbeda, meliputi Generation and Drive Motors, mesin 2.0L Atkinson-cycle DOHC i-VTEC, Lithium-Ion Battery, Engine-linked Clutch, dan sebuah Power Control Unit (PCU).

Generation and Drive Motors menyediakan tenaga setara mesin 3.0L dalam bentuk yang lebih ringkas, sedangkan mesin 2.0L DOHC i-VTEC mewujudkan efisiensi bahan bakar dan memberikan output yang lebih besar saat dipadukan dengan tenaga listrik.

Kemudian, Lithium-Ion Battery juga didesain dengan kapasitas penyimpanan listrik lebih besar sehingga mengurangi kerja dari mesin berbahan bakar untuk efisiensi yang lebih baik.

Sementara Engine-linked Clutch juga didesain dengan ringkas untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke setiap roda.

Sedangkan PCU berfungsi mengontrol dua motor penggerak serta mengurangi suhu panas yang ditimbulkan oleh pemakaian tenaga listrik secara masif, serta memastikan pengoperasian yang stabil. Kini, komponen PCU telah memiliki ukuran yang lebih kecil tanpa mengurangi performanya.

Marketing and After Sales Service Director HPM Jonfis Fandy mengatakan bahwa ajang GIIAS merupakan momen yang tepat untuk memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat mengenai berbagai teknologi Honda, salah satunya dengan memeragakan cara kerja mesin Hybrid i-MMD sebagai inovasi untuk mesin yang lebih ramah lingkungan dan efisien.

"Sesuai dengan tema yang kami usung di ajang ini, 'Accelerating Innovation', Honda akan terus berinovasi menciptakan teknologi canggih untuk memudahkan mobilitas manusia di masa depan," ujarnya.


Honda Kenalkan Mesin Hybrid i-MMD di GIIAS 2018 Baca Berita Dari Sumber https://ift.tt/2KvIVct

Tidak ada komentar:

Posting Komentar