INILAHCOM, San Francisco - Layanan berbagi video TikTok semakin populer, bahkan di pasar AS. Bahkan di negeri Paman Sam itu, TikTok menjadi aplikasi mobile yang paling banyak diinstal.
Di AS, TikTok berhasil mengalahkan Facbook, Instagram, YouTube, dan Snapchat dari segi jumlah unduhan dalam sebulan terakhir, demikian laporan TechCrunch.
Berdasarkan data firma analis SensorTower, TikTok meraup pangsa pasar 42,4 persen dalam hal instalasi bulanan pada 30 Oktober lalu. Pangsa pasar itu digabungkan dari Apple App Store dan Google Play Store.
Dalam satu bulan pada Oktober lalu, ada 3,81 juta orang yang menginstal TikTok untuk pertama kalinya. Angka itu mengalahkan Facebook yang hanya mampu meraup 3,53 juta instalasi.
Meski demikian, aplikasi asal China itu masih lemah jika dilihat dari tingkat interaksi (engagement) pengguna. Menurut Apptopia, engagement TikTok hanya 29 persen, berbeda dengan Facebook yang mencapai 96 persen, atau aplikasi populer lainnya seperti Instagram, YouTube, dan Snapchat, yang masing-masing punya engagement 95 persen.
TikTok merupakan aplikasi yang tergolong masih baru. Didirikan pada September 2016, dalam kurun dua tahun TikTok mampu menggeser kemapanan posisi layanan-layanan lawas.
Menurut analis, TikTok membangun dinastinya untuk layanan video pendek berbasis musik. Meski jalan tak selalu mulus karena kerap diterpa kontroversi, TikTok nyatanya mampu unjuk gigi.
TikTok Kalahkan Facebook dan Instagram di AS Baca Berita Dari Sumber https://ift.tt/2SN0Xwp
Tidak ada komentar:
Posting Komentar