Rubrik Teknologi: XL Siap Komersilkan Jaringan 4.5G Tahun Depan

Laman

Rabu, 31 Agustus 2016

XL Siap Komersilkan Jaringan 4.5G Tahun Depan

INILAHCOM, Jakarta -  Sambil terus memperluas jangkauan serta memastikan kualitas layanan 4G, XL kini juga mulai mempersiapkan layanan 4.5G. Secara umum, layanan ini memiliki keunggulan pada sisi kecepatan dan kestabilan koneksi internet yang lebih baik.
 
Vice President LTE XL Rahmadi Mulyohartono mengatakan bahwa secara teknologi pihaknya sudah siap untuk mulai menyediakan layanan 4.5G.

"Salah satu indikasinya adalah kami saat ini telah menerapkan teknologi 4T4R, yang sebenarnya merupakan teknologi versi advance dari 4G. Sejauh ini baru XL yang menerapkan 4T4R, yang bisa dianalogikan sebagai jalan tol-nya jaringan 4G. Target kami, pada 2017 nanti 4.5G sudah siap untuk dinikmati pelanggan," papar Rahmadi.
 
Dibandingkan 4G, teknologi 4.5G secara spesifik memiliki keunggulan terutama dalam kecepatan dan kestabilan. Sementara itu bagi perusahaan operator, penerapan teknologi ini juga memiliki keuntungan berupa efisiensi, di mana kapasitas BTS meningkat berkali lipat dibandingkan teknologi generasi sebelumnya.

Rencana XL ini sesuai dengan harapan pemerintah untuk bisa mengimplementasikan layanan 4.5G saat digelarnya event Asian Games 2018 di Jakarta.
 
Rahmadi melanjutkan, teknologi 4T4R merupakan pengembangan dari versi 2T2R. Secara teknis, cara kerja teknologi 4T4R menggunakan kombinasi multi-signal, yaitu secara bersamaan mengkombinasikan empat sinyal transmit dan empat sinyal receive.

Dengan demikian, teknologi ini memungkinkan pengiriman data berkapasitas besar dengan kecepatan hingga 210Mbps dengan bandwidth 15MHz. Jadi, selain kecepatan, juga akan diperoleh kestabilan koneksi internet yang lebih baik juga.
 
Dengan penerapan teknologi ini, menurut Rahmadi, XL berarti sudah siap melangkah lebih maju ke implementasi 4.5G.

Kesiapan yang dimiliki XL lainnya antara lain berupa telah ditingkatkannya kapasitas frekuensi untuk layanan 4G menjadi 15MHz, yang tak lama lagi juga akan ditingkatkan lagi menjadi 20MHz. Teknologi 4T4R saat ini sudah diterapkan di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar, dan akan terus dikembangkan ke kota-kota lainnya.

Untuk layanan 4G saat ini, pelanggan XL di 86 kota di berbagai daerah telah dapat menikmatinya. Layanan internet cepat tersebut ditopang antara lain oleh lebih dari 6.500 unit  BTS 4G LTE.

Jumlah BTS khusus 4G ini adalah yang terbanyak di antara operator 4G GSM. Instalasi BTS 4G oleh XL ini masih akan terus berlangsung, bukan hanya dalam perluasan wilayah layanan, namun juga untuk peningkatan kualitas.

Tidak ketinggalan, XL juga menginstalasi perangkat pemancar High Capacity SmallCell di dalam gedung-gedung di kota-kota 4G untuk meningkatkan kualitas layanan di dalam ruangan.

Itu semua disesuaikan dengan terus meningkatnya jumlah pelanggan di setiap area, dan dimanfaatkannya layanan 4G untuk mendukung berbagai aktivitas pelanggan.

Hingga Agustus 2016, jumlah pelanggan 4G mencapai sekitar 8 juta.
 


XL Siap Komersilkan Jaringan 4.5G Tahun Depan Baca Berita Dari Sumber http://ift.tt/2cf1rsS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar