Rubrik Teknologi: Internet Lemot Masih jadi Sorotan Menkominfo

Laman

Kamis, 29 September 2016

Internet Lemot Masih jadi Sorotan Menkominfo

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, di Indonesia saat ini masih belum merata dalam akses internet sebab masih banyak daerah yang belum mendapatkan koneksi yang baik, terutama para pengguna di wilayah Timur, khususnya Papua.

Menurut Rudiantara, koneksi internet Papua sangat timpang dengan kondisi di Jakarta. Berdasarkan survei, di Papua hanya menikmati kecepatan internet hanya 300 Kbps.

"Saudara kita di sana hanya menikmati seperdua kecepatan di Jakarta. Di Jakarta koneksi internet dapat mencapai 7 Mbps. Kita hampir sama dengan Los Angeles. Koneksi internet di Jakarta nomor dua di Kawasan ASEAN setelah Singapura, dan mengungguli Kuala Lumpur (Malaysia) maupun Bangkok (Thailand)," ujar Menkominfo di area Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (29/9/2016).

Ia mengatakan untuk ketimpangan tersebut dirinya mengharapkan proyek Palapa Ring membuat akses internet di Indonesia lebih merata.

Baca juga: Menkominfo Resmi Teken MoU Proyek Palapa Ring

"Kesenjangan inilah yang harus kita rekatkan sehingga betul-betul bersatu nasional dari seluruh pelosok indonesia," ujar Rudiantara.

Proyek palapa ring sendiri saat ini dibagi ke dalam tiga paket. Paket Barat, Tengah dan Timur. Paket barat akan menjangkau wilayah Sumatera hingga ke Kepulauan Riau dan Natuna.

Baca juga: Apa Kabar Palapa Ring Barat? Ini Kata Menkominfo

Sementara paket tengah akan menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara. Adapun, paket timur menjangkau Nusa Tenggara Timur, Papua dan pedalamannya.

Paket Barat kini segera dapat direalisasikan pembangunan konstruksinya setelah Rudiantara menandatangani surat pernyataan berlaku efektif perjanjian kerja sama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan PT Palapa Ring Barat. [ikh]


Internet Lemot Masih jadi Sorotan Menkominfo Baca Berita Dari Sumber http://ift.tt/2dIm2qk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar