Rubrik Teknologi: FCA Bakal Jual Brand Alfa Romeo dan Maserati?

Laman

Jumat, 30 Desember 2016

FCA Bakal Jual Brand Alfa Romeo dan Maserati?

INILAHCOM, London - Pabrikan otomotif Italia-AS, Fiat Chrysler Automobiles (FCA), kabarnya bakal menjual dua brand premiumnya, Alfa Romeo dan Maserati.

Rumor itu muncul selepas banyaknya laporan yang menyebutkan beratnya utang yang melilit FCA yang belakangan menghambat performa keuanan mereka.

Sebagaimana dilansir Carscoops, FCA menutup kuartal ketiga 2016 dengan utang hampir US$7 miliar dan performa bisnis mereka tak banyak terbantu dengan terjadinya beberapa perintah penarikan alias recall oleh sejumlah regulator pemerintah, yang sebagian juga disertai denda berjumlah besar.

Demi mengangkat posisinya dari titik terendah, di bawah kepemimpinan Sergio Marchionne, FCA mengalihkan fokus bisnis mereka ke produk-produk SUV dan kendaraan double-cabin yang dibuat dan dijual dengan brand Jeep dan Ram yang dianggap lebih menguntungkan sembari menghentikan produksi sedan-sedan berukuran sedang dan kecil seperti Dodge Dart dan Chrysler 200.

Sejauh ini, langkah tersebut mungkin belum dianggap cukup signifikan untuk mengangkat FCA dari keterpurukan, namun sejumlah analis memprediksi pelepasan merek bakal menjadi salah satu strategi lanjutan.

FCA yang secara resmi dibentuk pada 2014 sebagai merger dari upaya Fiat Group menyelamatkan Chrysler LLC dari kebangkrutan, namun Januari 2016 lalu FCA melepas merek Ferrari ke perusahaan terpisah.

Alfa Romeo dan Maserati yang saat ini berusaha memasuki pasar crossover yang bergairah lewat Stelvio dan Levante dianggap bakal mudah mendapatkan peminat untuk mengambil alih, salah satu di antaranya adalah Volkswagen Group.

Produsen otomotif asal Jerman itu memang sudah sejak lama mengungkapkan hasrat memasukkan Alfa Romeo sebagai salah satu portofolio mereka, meski hal itu muncul jauh sebelum mereka terbelit skandal gas buang mesin diesel.


FCA Bakal Jual Brand Alfa Romeo dan Maserati? Baca Berita Dari Sumber http://ift.tt/2ihpF7Y

Tidak ada komentar:

Posting Komentar