Rubrik Teknologi: Terumbu Karang Terbesar Jepang Rusak

Laman

Sabtu, 28 Januari 2017

Terumbu Karang Terbesar Jepang Rusak

INILAHCOM, Tokyo - Sekiseishoko, terumbu karang terbesar di Jepang, mengalami tekanan berat, demikian menurut survei Kementerian Lingkungan negara tersebut.

Seperti diwartakan Huffington Post, lebih dari 90% terumbu karang yang terletak di Kepulauan Ryuku, dekat Okinawa, mengalami bleaching atau pemutihan saat ditinjau pada November dan Desember tahun lalu.

Sekitar 70% terumbu karang ditemukan mati.

Kenaikan suhu laut disebut menjadi penyebab utama kerusakan. Temperatur perairan di lokasi itu naik 1 hingga 2 derajat Celsius dari musim panas sebelumnya.

Spesialis terumbu karang di University of Ryukyus, James Reimer, mengatakan bahwa temuan itu'sangat 'memprihatinkan'.

"Terumbu karang mengalami pemutihan keras pada 1998 (sekitar 35% mati), lalu 2007 (sekitar 30%). Tapi, membaik dalam beberapa tingkat," katanya.

Yang terjadi sekarang ini, menurut Reimer, kelihatannya dua kali lebih buruk. Kebanyakan karang yang pulih dari 1998 dan 2007 sudah hilang.

"Pemutihan ini jelas jauh lebih buruk dari yang sebelumnya. Ini bukan 'alami' tapi akibat perubahan iklim," ujarnya.

Bleaching merupakan tanda karang mengalami stres, dapat disebabkan oleh peningkatan suhu air laut. Terkarang yang mengalami pemutihan dan tidak mati dapat sembuh bila penyebab stres bisa dihilangkan, namun mereka lebih rentan terluka dan mati.


Terumbu Karang Terbesar Jepang Rusak Baca Berita Dari Sumber http://ift.tt/2kft34e

Tidak ada komentar:

Posting Komentar