Rubrik Teknologi: 5 Fakta Soal VX, Racun Pembunuh Kim Jong-nam

Laman

Minggu, 26 Februari 2017

5 Fakta Soal VX, Racun Pembunuh Kim Jong-nam

MALAYSIA telah mengumumkan bahwa racun VX adalah zat yang digunakan untuk membunuh Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Menurut Menteri Kesehatan Malaysia Subramaniam Sathasivam, racun syaraf tersebut telah membunuh Jong-nam dalam waktu 15 hingga 20 menit.

VX termasuk sebagai senjata kimia di dalam Schedule 1 of the Chemical Weapons Convention Act 2005 dan Chemical Weapons Convention 1997. Racun ini pun digolongkan sebagai senjata pemusnah massal oleh PBB.

Substansi racun itu adalah Ethyl S-2-Diisopropylamino Ethyl Methylphosphonothiolate atau dikenal dengan nama VX Nerve Agent.

Berikut lima fakta penting soal racun VX Nerve Agent, seperti dikutip dari CNN:

1. Dikembangkan di Inggris

VX Nerve Agent merupakan racun berbentuk yang dikembangkan oleh Inggris pada tahun 1950-an. Racun ini diklasifikasikan sebagai senjata kimia oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Racun ini memiliki warna cokelat kekuningan namun tidak memiliki rasa dan bau yang mencolok.

2. Digunakan sebagai senjata kimia

VX Nerve Agent digunakan sebagai senjata kimia dan tidak ditemukan di alam bebas. Penggunaannya sebagai senjata kimia terjadi pada saat perang Iran dan Irak di tahun 1980-an.

3. Racun paling mematikan

VX Nerve Agent merupakan salah satu racun paling mematikan di dunia. Ketika terhirup, racun ini menyebabkan enzim-enzim vital dalam tubuh berhenti bekerja sehingga membuat tubuh lelah karena tidak mampu lagi bernapas.

Dalam bentuk gas, menghirup racun VX dapat menyebabkan kematian dalam waktu 15 menit. VX juga bisa digunakan dalam bentuk cairan yang bisa dicampurkan ke makanan atau suplai air.

Barikut uji coba racun VX dalam bentuk gas terhadap kambing percobaan:



4. Gejala keracunan VX Nerve Agent

Gejala keracunan yang muncul tergantung kadar racun yang terekspos oleh tubuh, dan biasanya muncul hingga 18 jam ke depan.

Keracunan dosis tinggi dapat menyebabkan kehilangan kesadaran, tubuh kaku dan kejang-kejang karena tak bisa bernapas.

Sementara dalam dosis kecil, keracunan VX dapat menyebabkan meningkatnya detak jantung, gangguan penglihatan, mual, diare, hingga rasa nyeri.

CDC mencatat bahkan dalam dosis sangat kecil, keracunan VX dapat menyebabkan pusing dan rasa lemas.

5. Efek jangka panjang

Hingga kini, belum ada penelitian yang meneliti soal efek jangka panjang paparan VX Nerve Agent, karena tak ada yang mampu bertahan hidup setelah terpapar racun ini dalam jumlah besar.

Meski demikian, penawar racun VX sudah tersedia dan sebaiknya diberikan sesegera mungkin setelah paparan terjadi.


5 Fakta Soal VX, Racun Pembunuh Kim Jong-nam Baca Berita Dari Sumber http://ift.tt/2m0mJPw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar