Rubrik Teknologi: Coolpad Cool Dual: Keseimbangan Performa dan Harga

Laman

Jumat, 30 Juni 2017

Coolpad Cool Dual: Keseimbangan Performa dan Harga

TREN smartphone dengan dual-camera di Indonesia memang sedang hangat-hangatnya. Tak dipungkiri banyak vendor yang telah mengusung teknologi ini untuk smartphone jagoannya.

Salah satunya adalah Coolpad yang membawa seri Cool Dual untuk pasar Indonesia. Dengan mengusung tagline 'Twice Better', Cool Dual yang merupakan kolaborasi Coolpad dengan LeEco ini memiliki dua kamera di bagian belakang.

Coolpad Cool Dual kini ditawarkan seharga Rp2,8 juta, baik online maupun offline. Versi online juga memiliki RAM 4GB sedangkan yang dijual secara offline hanya memiliki RAM 3GB, namun spesifikasi lainnya tetap sama.

Smartphone ini akan bersaing dengan beberapa nama seperti Lenovo Vibe S1 dan Infinix S2 Pro di kelasnya.

Apakah Coolpad Cool Dual bakal mampu mencapai keseimbangan antara harga dan fitur? Mari simak ulasan review INILAHCOM berikut ini.
 
Desain dan Bodi

Desainnya tidak terlalu orisinal, tapi kualitas build-nya cukup meyakinkan. Sasis logam terasa kokoh dan matte finish menjadikannya terlihat menarik dengan sidik jari. Kualitas dan penempatan tombolnya juga bagus.

Saat digenggam Cool Dual terasa agak berat dan berada di sisi yang lebih tebal pada 8,2mm karena baterai besarnya.



Ada layar IPS berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full-HD 1080p. Sayang, di sekitar layarnya tidak memiliki bezel yang tipis

Meski demikian, panel itu sendiri menawarkan sudut pandang yang bagus, dan tingkat reproduksi dan kecerahan warna cukup memadai.

Di bawah sinar matahari yang terik, layar pada warna sedikit tidak terlihat,namun selebihnya kami tidak menghadapi masalah apapun. Anda juga mendapatkan Corning Gorilla Glass 3 untuk melindungi ;ayarnya dari goresan.

Ada tombol kapasitif backlit di bagian bawah untuk navigasi, dan LED pemberitahuan di bagian atas. Ada slot Nano-SIM ganda di sebelah kiri, tapi bukan tipe hibrida sehingga Anda tidak dapat memperluas penyimpanan onboard sama sekali.

Sayangnya juga, Cool Dual tidak memiliki ruang penyimpanan 64GB, namun hanya 32GB mungkin tidak cukup untuk beberapa dalam jangka panjang.

Yang menarik Cool Dual mendapat pemancar inframerah di bagian atas, di samping soket audio 3.5mm. Ponsel ini memiliki port USB Type-C di bagian bawah, bersama dengan kisi-kisi speaker.

Ada sensor sidik jari di bagian belakang, yang cepat mengautentikasi Anda. Bentuk dan penempatannya ergonomis, sehingga mudah digunakan.

Di dalam kotak penjualan, Anda mendapatkan pelindung layar, kabel data, adaptor daya 10W, ejektor SIM, dan instruksi.

Terlepas dari tampilan generik dari Cool Dual, smartphone ini dibangun dengan baik dan terasa kokoh. Kami hanya berharap ada slot kartu microSD khusus atau setidaknya slot SIM hibrida untuk menampung penyimpanan tambahan.

Performa

Cool Dual didukung oleh chipset Qualcomm Snapdragon 652 SoC, yang merupakan versi tercepat. Unit review kami memiliki RAM 3GB, yang dipesan untuk varian online, dan 32GB penyimpanan, yang umum untuk kedua unit.

Spesifikasi lainnya termasuk Wi-Fi b / g / n, Bluetooth 4.1, USB-OTG, radio FM, dan GPS. Ponsel ini juga mendukung 4G LTE di kedua slot SIM, dan ada tombol toggle di aplikasi Setelan untuk mengaktifkan panggilan suara menggunakan VoLTE.

Keahlian LeEco hadir dalam mode gambar saat Anda beralih ke perangkat lunak. Cool Dual memiliki stok ROM tampilan yang mendukung EUI, yang telah kita lihat berjalan di ponsel LeEco, seperti Le 2.

Ini adalah OS yang sama persis, hanya dengan layanan streaming 'Supertainment LeEco'. Sekarang Coolpad berada di bawah payung LeEco, masuk akal untuk memiliki satu versi Android khusus daripada beberapa versi yang berbeda.

Jika Anda belum pernah menggunakan telepon LeEco sebelumnya, EUI akan mulai terbiasa karena tata letaknya sangat berbeda dengan stok Android.Pilihan fungsi dan kustomisasi sama seperti sebelumnya.

Ada beberapa aplikasi preload yang berguna, seperti remote control namun selain dari ini, antarmuka bebas dari produk bloatware.

Cool Dual menangani kinerja aplikasi multitasking dan umum dengan sangat mudah. SoC-core SoC yang cepat dan RAM yang cukup banyak memastikan bahwa jarang ada kemunduran saat meluncurkan aplikasi atau bermain game. Bahkan yang menuntut seperti Asphalt 8: Airborne berjalan lancar.

Untuk pengetesan performa, INILAHCOM mendapat 80.136 poin di AnTuTu dan 9.689 di 3DMark Ice Storm Extreme, yang merupakan hasil nilai yang cukup bagus.

Tidak ada kekhawatiran ponsel panas di sini, karena saat menjalan game atau aplikasi intensif, telepon tetap dingin dan dalam kondisi yang tidak mengalami panas berlebih.

Dengan menggunakan Snapdragon 625 yang memang memiliki fitur ketahanan baterai, Cool Dual memberikan masa pakai baterai yang sangat baik.

Baterai 4000mAh bertahan selama 14 jam dan 43 menit dalam uji coba HD video loop kami. Sementara dengan pengujian melalui PCmark dapat hingga 8 jam 32 menit.

Sementara dalam pemakaian normal, baterai perangkat mampu bertahan selama lebih dari 10 jam.

Meski Coolpad tidak membekali baterai Cool Dual ini dengan teknologi pengisian daya cepat atau fast charging, untuk pengisian juga terbilang cepat berkat adaptor 10W yang dibekalinya.

Kamera

Cool Dual memiliki kamera 13 megapiksel kembar di bagian belakang. Satu memiliki sensor warna sementara yang lainnya digunakan untuk monokrom, yang bila digunakan bersamaan menawarkan kualitas gambar yang lebih baik dan sedikit noise pada gambar dengan cahaya rendah.

Dalam prakteknya, kombinasi ini tidak benar-benar menghasilkan hasil yang diinginkan sepanjang waktu. Gambar dengan cahaya rendah memiliki noise dan detail yang jelas umumnya terlihat buruk.

Warna membaik saat kita beralih ke mode 'Night', tapi tidak banyak. Di siang hari, kamera  mampu menyuguhkan tampilan foto dengan warna alami, dan kami sering menemukan area overexposed di lanskap dan close-up.

Warna ditangkap lebih baik di siang hari, namun subjek yang kurang ketajamannya kurang tajam dan akhirnya terlihat rata. Meski begitu kamera menyuguhkan performa cukup baik.


Perekaman video naik menjadi 4K 30fps, dan sementara rekaman terlihat bagus di siang hari, meski pencahayaan agak kasar dan ada banyak suara warna yang terlihat dalam cahaya rendah. sayangnya juga Cool Dual tidak memiliki OIS (optical image stabilization) sehingga saat menangkap video menghasilkan video yang tidak stabil.

Kamera depan 8 megapiksel sangat mumpuni untuk selfies dalam pencahayaan yang baik namun tidak begitu baik di bawah cahaya buatan atau rendah cahaya.

Kamera depan juga memiliki berbagai mode Beautify, yang sebenarnya membuat gambar terlihat terlalu artifisial. Kamera depan juga bisa memotret video full-HD 30fps.

Kecepatan fokus bagus dan gambar disimpan dengan cepat, dengan sedikit penundaan. Di antara mode pemotretan, disini memiliki SLR, yang mencoba mensimulasikan tingkat bokeh yang lebih besar, tapi ini tidak selalu berhasil.

Aplikasi kamera mudah digunakan dan ada sejumlah pilihan yang dapat dipilih untuk dipotret, termasuk filter. Ini hanya perlu sedikit lebih poles karena, misalnya, label menu tidak mengubah orientasi saat Anda beralih dari mode potret ke landscape.

Kamera Belakang

- Auto

- HDR Mode

- Non HDR

- Night Mode

- Long Exposure

Kamera Depan

Kesimpulan

Mengusung layar besar dengan tampilan warna dan sudut pandang baik, Anda harus berkompromi dengan suguhan tampilan layarnya saat digunakan di bawah sinar matahari. Namun, dukungan kamera ganda memang patut untuk diapresiasi.

Dibanderol dengan harga yang cukup kompetitif, Coolpad Cool Dual adalah salah satu smartphone yang layak menjadi pertimbangan konsumen. [ikh]


Coolpad Cool Dual: Keseimbangan Performa dan Harga Baca Berita Dari Sumber http://ift.tt/2u8pW0D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar