Rubrik Teknologi: Lebaran, Trafik Data Tri Didominasi Media Sosial

Laman

Jumat, 30 Juni 2017

Lebaran, Trafik Data Tri Didominasi Media Sosial

INILAHCOM, Jakarta - Lalu lintas layanan data operator Tri melesat hingga hampir 200 persen pada Lebaran 2017. Hal ini disebabkan oleh tingginya penggunaan sosial media, aplikasi instant messaging, hingga streaming.

Meskipun terjadi lonjakan trafik di semua layanan, pihak Tri mengklaim layanan komunikasi dan akses mobile internet mereka beroperasi dengan normal tanpa kendala berarti.

“Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas dan menghadirkan kenyamanan layanan, kami telah mengembangkan pusat kendali jaringan baru dengan teknologi terkini. Sehingga kami dapat melakukan pemantauan lebih intensif dalam hal kapabilitas dan kualitas layanan jelang Ramadan dan Lebaran tahun ini," kata Desmond Cheung, Chief Technology Officer (CTO) Tri Indonesia, dalam siaran persnya kepada INILAHCOM.

"Kami bersyukur pelanggan kami tidak mengalami kendala yang sangat berarti dalam menggunakan layanan kami selama mudik dan merayakan Idul Fitri," imbuhnya.

Desmond menuturkan, sesuai dengan profil pelanggan Tri di mana 70-80 persen adalah usia milenial dengan konsumsi layanan data yang tinggi, layanan data mendominasi lonjakan trafik data selama hari besar nasional ini dengan success rate hampir 100 persen.

Peningkatan penggunaan streaming video melalui YouTube meningkat hampir 60 persen dibandingkan hari biasa. Sementara aplikasi sosial media didominasi oleh penggunaan Instagram yang meningkat hampir 70 persen.

Penyampaian pesan melalui WhatsApp dan fitur Line Call mendominasi peningkatan trafik di layanan OTT. Penggunaan WhatsApp meningkat lebih dari 80 persen dan fitur call melalui aplikasi meningkat utamanya didominasi oleh Line Call yang meningkat 60 persen.

Layanan telepon dan SMS juga mengalami peningkatan dibanding trafik di hari biasa, namun tidak begitu tinggi.

Hingga tahun ini, layanan 4G LTE dari Tri sudah hadir di 234 kota kabupaten dan 7.300 pedesaan. Trafik data Tri rata-rata per hari 3.000TB per hari, 35 persen adalah trafik 4G LTE. Pada periode mudik Lebaran, Tri juga mempersiapkan 100 mobile BTS di jalur mudik Pulau Jawa dan Sumatera. [ikh]


Lebaran, Trafik Data Tri Didominasi Media Sosial Baca Berita Dari Sumber http://ift.tt/2t0hiTA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar