Rubrik Teknologi: ERCI Tangerang Sambangi Kearifan Lokal Suku Baduy

Laman

Kamis, 31 Agustus 2017

ERCI Tangerang Sambangi Kearifan Lokal Suku Baduy

INILAHCOM, Tangerang - Komunitas otomotif yang bernaung di bawah bendera Ertiga Club Indonesia (ERCI) Chapter Tangerang, telah melakukan serangkaian kegiatan spesial perayaan ulang tahun ke-5 pada 27 Agustus lalu.

Rangkaian kegiatannya ini berupa dari touring hingga pemberian bantuan kepada masyarakat Baduy yang beberapa waktu lalu mengalami musibah kebakaran yang menghanguskan seluruh bangunan di kampung Cisaban, Lebak, Banten.

Bertajuk 'Rangers Road to Baduy', sebanyak 66 kendaraan member ERCI Chapter Tangerang melakukan touring keluarga jarak pendek untuk ikut serta meramaikan puncak acara HUT ke-5 ERCI Chapter Tangerang menuju kawasan wisata Baduy.

"Perayaan HUT kali ini sedikit berbeda karena selain touring kita memberikan bantuan donasi kepada masyarakat Baduy yang menjadi korban kebakaran, dimana donasi tersebut dikumpulkan dari swadaya semua member dan kemudian dibelikan baju adat dari masyarakat Baduy yang menjadi salah satu kebutuhan utamanya," kata Listiyono, Ketua Pelaksana HUT ke-5 ERCI Tangerang.

Peserta touring kali ini menjadi yang terbesar sepanjang penyelenggaraan touring ERCI Chapter Tangerang, yakni sebanyak 66 kendaraan berserta keluarga, sehingga mekanisme konvoi dibuat sedemikian rupa agar tidak mengganggu pengendara lain karena jalur menuju lokasi cukup banyak tanjakan dan tikungan tajam yang menantang adrenalin.

Sejumlah seremoni mulai dari potong kue dan penyerahan bantuan yang diterima langsung oleh perwakilan masyarakay Baduy, dilakukan setibanya di lokasi di kawasan Baduy.

Perjalanan selama tiga jam terbayar setelah semua peserta ikut serta dalam perjalanan memasuki kawasan wisata Baduy luar yang dikenal masih menjaga ekosistem hutan dan adat istiadat ditengah genjcarnya era moderenisasi saat ini.

Pendiri ERCI Tangerang, Denis Cristanto, menyebut kegiatan kali ini memiliki pesan yang cukup kuat dan mendalam dengan perayaan ulang tahun yang sederhana.

"Kita bisa menikmati touring seraya berbagi dengan sesama dan yang lebih penting touring keluarga ke Baduy juga mengajak kita memperkenalkan budaya dan kearifan lokal kepada anak-anak kita langsung di depan mata. sehingga menjadikan pengalaman yang luar biasa," ujarnya.

Selepas melakukan eksplorasi budaya, menikmati hutan yang masih terjaga dan kearifan lokal di Baduy para member ERCI Tangerang tidak lupa menikmati legitnya buah durian yang sedang memasuki masa panen di kawasan tersebut.

Denis berharap ERCI Chapter Tangerang nisa terus bisa kompak dan solid seperti masyarakat Baduy yang terus menjunjung tinggi kebersamaan dengan mempertahankan kearifan lokal.

Selamat Ulang Tahun ERCI Chapter Tangerang ke-5, teruslah menjadi inspirsi untuk member ERCI se-Indonesia!


ERCI Tangerang Sambangi Kearifan Lokal Suku Baduy Baca Berita Dari Sumber http://ini.la/2401531

Tidak ada komentar:

Posting Komentar