Rubrik Teknologi: Formasi Awan Aneh Terlihat di Langit Inggris

Laman

Minggu, 24 Desember 2017

Formasi Awan Aneh Terlihat di Langit Inggris

INILAHCOM, London - Seorang warga berhasil memotret sebuah bentuk awan aneh di langit Lincolnshire, Inggris. Arlene Towriss membidiknya saat tengah mengemudi bersama suaminya pada hari Selasa (19/12/2017) di Swinhope, dekat Market Rasen.

Towriss mengatakan, setelah mengunggah hasil bidikannya di dunia maya, dia pun diberi tahu bahwa bentuk awan itu disebut dengan formasi Kelvin-Helmholtz.

Formasi awan tersebut diambil dari nama para ilmuwan yang mempelajari gejala fisika fenomena tersebut, yaitu Lord Kelvin dan Hermann von Helmholtz.

Bentuk awan Kelvin-Helmholtz disebabkan oleh adanya pergerakan aliran udara yang lebih cepat di atas awan-awan yang bergerak lebih lambat.



"Kami menghentikan mobil kami sejenak, lalu saya melompat keluar dan memotret awan-awan itu sebanyak mungkin, hanya dalam beberapa menit kemudian awan-awan itu hilang, benar-benar hilang," kata Towriss, seperti dilansir BBC.

"Saya belum pernah mendengarnya dan saya belum pernah melihat awan seperti ini. Saya merasa sangat beruntung bisa memotretnya. Sungguh menakjubkan," imbuhnya.

Pembawa acara prakiraan cuaca di jaringan televisi BBC, Owain Wyn Evans, mengatakan bahwa awan-awan seperti itu sangat jarang terlihat.

"Bentuk seperti itu tercipta ketika terjadi aliran udara yang bergerak cepat di lebih tinggi, di atas tiupan angin yang lebih lambat di bawahnya," ujar dia.


Formasi Awan Aneh Terlihat di Langit Inggris Baca Berita Dari Sumber http://ift.tt/2kRuAwX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar