Rubrik Teknologi: YouTube Toyota Indonesia Raih Silver Play Button

Laman

Kamis, 15 Februari 2018

YouTube Toyota Indonesia Raih Silver Play Button

INILAHCOM, Jakarta - Upaya Toyota Indonesia memanfaatkan saluran digital YouTube dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan mendapat apresiasi dari Google.

Kanal YouTube Toyota Indonesia yang dikelola oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM), sukses menembus angka 100 ribu subscriber. Atas raihan itu, Google Indonesia pun memberikan penghargaan berupa Silver Play Button.

Penghargaan ini sekaligus menunjukkan keseriusan Toyota Indonesia dalam memberikan berbagai kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai produk, teknologi, dan layanan Toyota, serta membangun engagement antara Toyota dan pelanggan di era digital saat ini.

"Terima kasih atas apresiasi yang diberikan pelanggan sehingga subscriber YouTube Toyota Indonesia berhasil menembus angka lebih dari 100 ribu dan sukses meraih Silver Play Button dari Google Indonesia," kata Henry Tanoto, Vice President Director (TAM).

"Penghargaan ini diharapkan akan semakin memicu kami untuk senantiasa dapat memberikan kemudahan yang melebihi ekspektasi pelanggan dalam mengakses berbagai informasi dan referensi tentang produk, teknologi dan jasa yang dibutuhkan melalui berbagai saluran media sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada," lanjutnya.

Silver Play Button adalah penghargaan yang diberikan Google kepada pemilik kanal YouTube yang telah memiliki subscriber minimal 100.000.

Kanal YouTube Toyota Indonesia yang mulai ditayangkan pada 2010 lalu berhasil menembus angka subscriber 100 ribu pada 19 Oktober 2017.

Komitmen dan pemanfaatan saluran digital merupakan bagian strategi TAM untuk menyiasati iklim kompetisi pasar otomotif yang semakin ketat, serta kondisi konsumen yang semakin cerdas dan kritis.

Selain kanal YouTube dan situs resmi, untuk memudahkan pelanggan mengakses berbagai informasi tentang produk, teknologi dan layanan brand Toyota, TAM juga concern memanfaatkan penggunaan saluran digital media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Dalam sebuah survei yang dilakukan Google, pemanfaatan saluran digital oleh calon konsumen sangat besar dalam upayanya mencari informasi untuk memiliki mobil idamannya.

Bahkan survei tersebut juga mengungkapkan, pemanfaatan keberadaan saluran digital juga akan mempengaruhi masa depan bisnis dan industri otomotif nasional ke depannya.

“Kami harapkan pemanfaatan kanal YouTube, website, dan media sosial, dapat menjadi salah satu strategi bagi Toyota dalam menjaga eksistensinya sebagai market leader di pasar otomotif nasional," ujar Fransiscus Soerjopranoto.

"Melalui penggunaan saluran digital tersebut, Toyota setidaknya dapat menyesuaikan strategi komunikasi masing-masing produk dan layanan yang dimiliki sehingga sasaran target komunikasinya pun menjadi lebih tepat," imbuhnya.

Eksistensi TAM di era digital sendiri dimulai dari pembentukan official website atau situs resmi pada tahun 1996 dimana TAM bisa dibilang sebagai pionir dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Bahkan, untuk tingkat Toyota global, situs TAM pun tercatat sebagai yang terbesar ketiga di dunia.

Hingga 30 Januari 2018, berdasarkan data yang dihimpun oleh trafficestimates.com, situs resmi TAM telah dikunjungi hampir 975 ribu visitor.



Untuk kanal YouTube Toyota Indonesia yang dikelola oleh TAM, merupakan perusahaan otomotif pertama di Indonesia yang mendapatkan Silver Play Button dari Google Indonesia.

Hadir sejak 29 Maret 2010, jumlah subscriber untuk kanal YouTube Toyota Indonesia hingga 15 Februari 2018 telah mencapai 116 ribu dengan 232 video.

Kanal YouTube Toyota Indonesia menduduki peringkat ketiga di antara kanal-kanal YouTube Toyota di seluruh dunia setelah Toyota AS dan Jepang. Namun, video YouTube Toyota Indonesia memiliki rata-rata penonton terbanyak dibandingkan dengan kanal YouTube Toyota di negara lain, yaitu rata-rata setiap satu video ditonton lebih dari 200 ribu.

Sedangkan untuk saluran media sosial berdasarkan data per 15 Februari 2018, ada 1,45 juta likes di akun Facebook ToyotaID, juga lebih dari 160 ribu follower Twitter di ToyotaID dan 162 ribu followers di instagram ToyotaID.

Di Indonesia, akun Instagram dan Twitter Toyota Indonesia mendapatkan follower tertinggi jika dibandingkan dengan akun ATPM otomotif lainnya di Indonesia.

"Seluruh pemanfaatan dan penanganan segala aktivitas digital TAM ditangani oleh E-Marketing Section. Keberadaan section khusus yang dedicated ini merupakan bentuk komitmen kami dalam hal digitalisasi agar konsumen mendapat kepuasan yang lebih," ucap Soerjopranoto.


YouTube Toyota Indonesia Raih Silver Play Button Baca Berita Dari Sumber http://ift.tt/2F7WAWk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar