Rubrik Teknologi: Layanan Quora Bahasa Indonesia Resmi Diluncurkan

Laman

Kamis, 31 Mei 2018

Layanan Quora Bahasa Indonesia Resmi Diluncurkan

INILAHCOM, Jakarta - Layanan platform tanya jawab Quora sebelumnya hanya bisa kita gunakan dalam bahasa Inggris, namun kini layanan versi Indonesia-nya resmi meluncur.

Layanan Quora versi Bahasa Indonesia resmi diluncurkan. Ini merupakan peluncuran kedua Quora di Asia, setelah sebelumnya di Jepang.

"Sebelumnya pada April lalu, Quora versi Bahasa Indonesia telah diluncurkan, namun masih dalam versi Beta dan untuk pengguna terbatas," terang Veni Johanna, Engineering Manager di Quora, saat acara peluncuran Quora Indonesia di Jakarta.

Kini Quora versi Bahasa telah banyak mendapat banyak kontribusi dari para kontributor di berbagai bidang.

"Pada dasarnya, layanan ini adalah komunitas yang menjawab pertanyaan dari komunitas yang lain, tiap pengguna bisa jadi penulis maupun editor dari tiap pertanyaan maupun jawaban yang diberikan," jelas Veni.

Enigneering Manager Quora tersebut juga menyatakan kalau pembeda Quora dari layanan-layanan serupa lainnya adalah adanya personalisasi, yakni tiap pengguna yang memberi jawaban terlihat identitas lengkapnya, sehingga sangat kecil kemungkinan memberi yang salah, karena mempertaruhkan kredibilitas masing-masing pengguna.

"Satu hal lain yang membedakan Quora dengan Wikipedia misalnya, adalah jawaban dari para penulis/anggota lainnya bebas berdasarkan karakter penulis masing-masing, tidak kaku seperti hanya ensiklopedia online," jelas Ivan Lanin, aktivis Bahasa Indonesia yang juga pengguna Quora.

Quora adalah situs pertukaran pengetahuan yang didirikan pada Juni 2009, didirikan oleh Adam D'Angelo, Chief Technology Officer (CTO) Facebook, dan diluncurkan pada tahap beta privat pada bulan Desember 2009.

Situs ini mulai dibuka untuk umum pada 21 Juni 2010. Quora mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan dan jawabannya pada topik-topik tertentu dan memperbolehkan pengguna untuk ikut berkolaborasi dengan memberikan suara atau mengusulkan perbaikan jawaban.

Kompetitor Quora yang cukup signifikan adalah situs-situs bookmark sosial seperti Reddit, dan situs-situs jejaring sosial seperti Yahoo! Answers, LinkedIn, Answerbag dan Answers.com.

Kini layanan bisa diakses langsung via desktop maupun aplikasi mobile. Apakah Anda sudah mencoba Quora?


Layanan Quora Bahasa Indonesia Resmi Diluncurkan Baca Berita Dari Sumber https://ift.tt/2xrJG5b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar