Rubrik Teknologi: Disney Ciptakan Robot Stuntman Stuntronics

Laman

Jumat, 29 Juni 2018

Disney Ciptakan Robot Stuntman Stuntronics

INILAHCOM, San Francisco - Disney menciptakan robot otonom dengan kemampuan akrobatik layaknya tokoh animasi Disney di seluruh film yang pernah mereka garap.

Mengutip Tech Crunch, robot ini diberi nama proyek Stuntronics dengan panggilan Stickman.

Stuntronics adalah proyek pengembangan robot Disney yang bertujuan menciptakan stuntman untuk melakukan atraksi akrobatik ala tokoh animasi Disney di setiap anjungan atau wahana Disney.

Artinya, robot ini bisa melakukan beragam atraksi akrobatik berbahaya yang selama ini dilakukan manusia.

Principal R&D Imagineeer Disney, Toni Dogi, mengatakan bahwa Disney menginginkan sosok robot yang menampilkan atraksi sederhana yang sebernarnya bersifat statis. Dia ingin robot-robot ini bisa hidup dan benar-benar menggambarkan aksi karakter Disney seperti di dalam filmnya.

Hasilnya, robot ini diberi kemampuan sebagai stuntman untuk melakukan akrobatik yang lebih agresif dan berbahaya, sehingga Disney tidak perlu khawatir saat mempekerjakan aktor mereka dalam adegan yang berbahaya.

Tentunya semua kemampuan tersebut pertama hadir dari beragam sensor yang dimiliki oleh robot, mulai dari giroskop, akselerometer, dan laser range finding untuk membaca jarak, sehingga robot Stuntronics bisa melakukan perhitungan yang akurat saat melakukan akrobat.

Tak ketinggalan, desain humanoid dari robot ini juga dibuat semirip mungkin dengan manusia, sehingga gerak tubuh robot yang umumnya kaku bisa fleksibel atau berputar seperti gerak tubuh manusia dalam beberapa adegan akrobatik.


Disney Ciptakan Robot Stuntman Stuntronics Baca Berita Dari Sumber https://ift.tt/2yTEeIV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar