Rubrik Teknologi: WhatsApp Dilarang, PNS Prancis Gunakan Tchap

Laman

Sabtu, 27 April 2019

WhatsApp Dilarang, PNS Prancis Gunakan Tchap

INILAHCOM, Paris - Pemerintah Prancis baru-baru ini mengumumkan Tchap, sebuah aplikasi pesan instan bikinan dalam negeri, yang dibuat sebagai pengganti WhatsApp dan Telegram.

Tidak semua kalangan bisa memakai Tchap, karena hanya pegawai pemerintah Perancis saja yang dapat melakukan sign-up untuk membuat akun.

Mengutip ZDNet, Tchap memang dimaksudkan supaya komunikasi antar pegawai dan instansi pemerintah (PNS) Prancis, karena tidak disimpan di server luar negeri --seperti halnya pada WhatsApp dan Telegram-- sehingga rentan 'diintip' pihak asing.

Server Tchap berlokasi di dalam negeri Prancis. Percakapan antar penggunanya turut dilindungi oleh enkripsi.

Nama Tchap sendiri diambil dari ilmuwan, Claude Chappe, penemu sistem telegraf optis yang diterapkan di seluruh Prancis antara tahun 1792 hingga 1850, sebelum digantikan sistem telegraf listrik.

Aplikasi Tchap kini sudah tersedia di Google Play Store dan Apple App Store. Dashboard untuk mengakses Tchap dari peramban web sedang disiapkan.

Pemerintah Prancis juga membuka source code Tchap di repositori GitHub, sehingga pihak lain bisa membuat aplikasi serupa untuk keperluan internal.


WhatsApp Dilarang, PNS Prancis Gunakan Tchap Baca Berita Dari Sumber http://bit.ly/2Vt56JY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar