Rubrik Teknologi: Jangkauan Link Net Makin Luas di Jabodetabek

Laman

Kamis, 29 Agustus 2019

Jangkauan Link Net Makin Luas di Jabodetabek

INILAHCOM, Jakarta - PT Link Net Tbk dengan brand First Media menjalin kerja sama dengan PT Fiber Media Indonesia yang merupakan penyedia infrastruktur telekomunikasi berbasis fiber optic, untuk semakin memperluas serta meningkatkan kualitas jaringan dan layanannya di wilayah Jabodetabek.

Presiden Direktur dan CEO PT Link Net Tbk Marlo Budiman menyebut bahwa kerja sama ini memungkinkan Link Net untuk mengakses tiang tumpu milik Fiber Media Indonesia yang berjumlah 140.000 atau sekitar 5.600 kilometer yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

Begitu juga dengan pihak Fiber Media Indonesia yang bisa mengakses sekitar 300.000 tiang tumpu milik Link Net. Adapun sistem yang disepakati melalui kerja sama ini adalah menyewa.

"Dengan kerja sama ini, dari sisi time to market atau menjangkau pelanggan baru akan menjadi lebih cepat. Kita tidak perlu lagi membangun tiang tumpu dari awal, belum lagi proses perizinan yang lama. Dari sisi capex, biaya yang dikeluarkan juga menjadi lebih efisien. Tinggal memanfaatkan tiang tumpu yang sudah ada milik Fiber Media Indonesia untuk menggelar kabel," kata Marlo Budiman usai acara penandatanganan kerja sama antara PT Link Net Tbk dengan PT Fiber Media Indonesia, di Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Dikatakannya, kerja sama dengan PT Fiber Media Indonesia ini menyediakan jalur pertumbuhan yang lebih luas di wilayah Jabodetabek, dan memungkinkan layanan First Media lebih mudah dalam menjangkau Iebih banyak pelanggan residensial maupun korporasi hingga ke lokasi terdekat dengan pelanggan.

Ke depannya, kerja sama ini akan dikembangkan hingga ke pemanfaatan subduct bersama (jaringan kabel fiber optic bersama di bawah tanah) sesuai dengan arah kebijakan pemerintah daerah dan kota dengan melakukan efektivitas pemakaian tiang tumbuh dan mulai melakukan pemindahan jaringan fiber optic dari tiang tumpu ke jaringan bawah tanah.

"Selain lebih efisiensi, tentunya kerja sama ini bisa semakin meningkatkan kehandalan layanan. Kami harapkan ini juga semakin menyempurnakan wilayah cakupan First Media dan Fiber Media Indonesia dengan kecepatan dan kehandalan yang tinggi," tambah Budi Aditya, Direktur PT Fiber Media Indonesia.

Sebelum bekerja sama dengan Fiber Media Indonesia, Link Net juga sudah berkolaborasi dengan berbagai mitra.

Yang terbaru adalah bekerja sama dengan PT Marga Mandalasakti (Astra Tol Tangerang-Merak) dalam penempatan infrastruktur telekomunikasi yang menghubungkan antara Jakarta-Serang-Merak.

Untuk saat ini khususnya wilayah jabodetabek layanan First Media telah menjangkau 1.675.000 home passed.

Sedangkan untuk keseluruhan wilayah kerja First Media telah menjangkau sekitar 2.300.000 home passed dengan target pertumbuhan 250.000 home passed per tahun.

Adapun pelanggan Link Net untuk layanan TV cable dan internet hingga kuartal kedua 2019 telah mencapai 617.000 pelanggan.


Jangkauan Link Net Makin Luas di Jabodetabek Baca Berita Dari Sumber https://ift.tt/2zuXtWJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar