Rubrik Teknologi: Malware Bisa Hadir di Balik Informasi Virus Corona

Laman

Senin, 03 Februari 2020

Malware Bisa Hadir di Balik Informasi Virus Corona

INILAHCOM, Moskow - Perusahaan aplikasi keamanan internet Kaspersky menemukan bahwa saat ini peretas menyebarkan malware melalui dokumen yang disamarkan sebagai informasi yang berkaitan dengan virus corona.

Dalam keterangan resmi perusahaan, analis malware Kaspersky Anton Ivanov menyebut corona, yang sedang dibahas secara luas sebagai berita utama, telah digunakan sebagai umpan oleh para pelaku kejahatan siber.

"Sejauh ini kami hanya melihat sejumlah 10 file unik, tetapi karena aktivitas demikian kerap terjadi dengan topik populer di media, maka kami memperkirakan kecenderungan ini akan bertambah," kata analis malware Kaspersky, Anton Ivanov, dalam keterangan tersebut," katanya.

Berkas berbahaya yang ditemukan Kaspersky memiliki ekstentsi .pdf, .mp4 dan .docx. Nama-nama file tersebut menyiratkan berkas tersebut berisi video instruksi cara melindungi diri dari virus corona.

Ketika diklik, berkas tersebut berisi, antara lain, malware Trojan dan Worm yang bisa memblokir, memodifikasi, menyalin data dan menganggu operasional komputer.

Kaspersky menyarankan warganet untuk menghindari tautan yang mencurigakan, misalnya menjanjikan konten eksklusif.

Setelah itu, ketika ingin mengunduh berkas, perhatikan ekstensi berkas, sebaiknya tidak dalam format .exe atau .lnk.

 


Malware Bisa Hadir di Balik Informasi Virus Corona Baca Berita Dari Sumber https://ift.tt/2GRVQ9q

Tidak ada komentar:

Posting Komentar