Rubrik Teknologi: Google Siapkan Layanan Berbagi Tumpangan Mobil

Laman

Rabu, 31 Agustus 2016

Google Siapkan Layanan Berbagi Tumpangan Mobil

INILAHCOM, San Francisco - Google kabarnya akan memasuki bisnis berbagi tumpangan atau ride-sharing dengan memperluas layanan carpool Waze-nya. Aplikasi lalu lintas dan navigasi Google ini dikabarkan akan menguji coba layanan carpool di San Francisco, California, AS.

Mengutip Phone Arena, Waze bermitra dengan perusahaan di Bay Area di mana karyawannya diminta untuk menginstal aplikasi gratis bernama Waze Rider. Aplikasi tersebut membantu para pekerja menumpang mobil menuju ke arah yang sama selama perjalanan sehari-hari mereka.

Pengemudi dibayar rata-rata 54 sen per mil untuk biaya bensin dan tambahan lainnya. Meski Google tidak memotong biaya, dalam tes serupa yang berjalan di negara asal Waze, Israel, pengemudi membayar 15% dari dari apa yang mereka terima ke Google.

Saat ini, Google siap memperluas tes untuk semua pengguna Waze di San Francisco pada musim gugur ini, dengan tujuan membuatnya menjadi pesaing Uber dan Lyft.

Namun, tidak seperti Uber dan Lyft, pengemudi Waze akan terbatas dalam berkendara mengambil penumpang hanya di lokasi dekat perjalanan yang pengemudi lakukan sehari-hari.

Uji coba di San Francisco memungkinkan pengguna untuk melakukan tidak lebih dari dua perjalanan sehari, ke dan dari tempat kerja.

Di daerah tersebut hanya 25 ribu karyawan dari perusahaan yang bermitra dengan Waze yang diperbolehkan untuk mengambil tumpangan.

Dengan perluasan uji coba, semua pengguna Waze di Bay Area akan dapat berpartisipasi dengan menjadi pengemudi atau pun penumpang. Terkait pengemudi, Google tidak berencana untuk menguji mereka dan akan bergantung pada review untuk menentukan apakah supir harus diberhentikan.

Google menginvestasikan US$258 juta di Uber pada 2013, namun keduanya mulai terpisah. David Drummond, Eksekutif Alphabet selaku perusahaan induk Google, mengundurkan diri dari Uber pada awal pekan ini secara khusus karena persaingan yang tumbuh antara Uber dan Google.

Uber, yang supirnya menggunakan Google Maps untuk navigasi, sedang mengembangkan pemetaan sendiri dan layanan navigasi untuk para pengemudinya.


Google Siapkan Layanan Berbagi Tumpangan Mobil Baca Berita Dari Sumber http://ift.tt/2bCf0RI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar