Rubrik Teknologi: Ini 4 Hal Mengecewakan dari MacBook Pro Terbaru

Laman

Sabtu, 29 Oktober 2016

Ini 4 Hal Mengecewakan dari MacBook Pro Terbaru

APPLE baru saja mengumumkan dua model MacBook Pro 2016, yakni 13 inci dan 15 inci. dengan bodi yang lebih tipis dan ringan, serta sejumlah fitur baru yang ditambahkan seperti Touch Bar dan Touch ID.

Namun,  ternyata ada saja kekecewaan yang dirasakan setelah pengumumannya. Mau tahu apa saja yang membuat orang kecewa dengan Macbook Pro edisi 2016 ini?

Simak ulasannya berikut yang INILAHCOM himpun dari berbagai sumber:

1. Kabel baru untuk iPhone

Tahun ini Apple memang telah membuat keputusan berani dengan menghilangkan sejumlah fitur yang dianggap jadul pada lini produknya. Contoh, saat meluncurkan iPhone 7, Apple menghilangkan audio jack 3,5mm. Sementara untuk lini laptopnya, Apple juga hanya menyematkan port tunggal USB Type-C pada MacBook edisi 2015.

Para pengguna akhirnya harus membeli aksesori kabel atau dongle baru untuk memudahkan mereka menyambungkan perangkatnya dengan handset lain, atau melakukan transfer data sambil mengisi ulang baterai perangkat secara bersamaan.

Keribetan itu nampaknya belum berakhir. MacBook Pro edisi 2016 yang baru saja diumumkan juga membuat sebagian pihak terkejut, karena setiap model memiliki 4 port USB Type-C, dan juga audio jack 3,5mm yang justru sempat dikabarkan akan dihilangkan seperti di iPhone 7.

Dengan begitu, para pengguna yang membeli MacBook Pro 2016 membutuhkan dongle USB 2.0 standar ke USB Type-C untuk menghubungkan HDD eksternal ke MacBook, atau sebuah kabel Lightning ke USB Type-C untuk menghubungkan MacBook ke iPhone.

Jika pengguna ingin menggunakan EarPods dengan ujung port Lightning, maka pengguna juga membutuhkan dongle serupa atau menyambung sejumlah dongle yang ujungnya menggunakan USB Type-C. Hal ini tentu cukup merepotkan para pengguna.
 

2. Hilangnya slot SD card

Bagi pengguna penggemar fotografi dipastikan akan kecewa dengan dihilangankannya slot SD card di MacBook Pro terbaru ini. Apalagi jika penggunanya seorang fotografer atau siapapun yang sangat membutuhkan kemampuan membaca data di kartu memori.

Apple kini menghapusnya dan mengganti slot itu dengan port Thunderbolt 3 berbentuk USB Type-C. Total, ada empat port USB Type-C di MacBook Pro terbaru ini.

Kemampuan memindahkan data USB Type-C ini memang lebih kencang. Kegunaannya pun lebih bervariasi, bisa dipakai untuk mengisi daya, juga dipakai untuk penghubung laptop ke layar eksternal.

Dan kembali lagi semua kemampuan itu, termasuk soal membaca memori SD, memerlukan aksesori tambahan yang tak murah. Pengguna mesti membeli card reader khusus untuk USB Type-C.

3. Tidak mengusung layar sentuh



Sempat beredar rumor Macbook Pro terbaru apple bakal mengusung layar sentuh OLED namun faktanya Apple tidak mengusung fitur tersebut.

Cukup mengecewakan karena kompetitor seperti Surface Book besutan Micosoft sudah mengusung layar sentuh.

4. Logo Apple tidak lagi menyala

 

Apple pertama kali menghadirkan logo Apple menyala sejak tahun 1999 di Powerbook G3. Sejak saat itu, logo Apple di jajaran komputer MacBook sudah menjadi ikon yang tak terpisahkan.

Namun kini pengguna harus kecewa karena di balik wujudnya yang rupawan, MacBook Pro ternyata kehilangan salah satu fitur yang sudah lama Apple implementasikan di jajaran laptopr MacBook, yaitu logo Apple yang menyala di bagian luar penutup layarnya.

Belum diketahui apa alasan Apple menghilangkannya. Mungkin ada kaitannya dengan semakin bertambah tipisnya perangkat.

 


Ini 4 Hal Mengecewakan dari MacBook Pro Terbaru Baca Berita Dari Sumber http://ift.tt/2eZHPbe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar