Rubrik Teknologi: Menjawab Tantangan Adu Irit New Honda Brio

Laman

Sabtu, 29 Oktober 2016

Menjawab Tantangan Adu Irit New Honda Brio

SEBAGAI bagian dari rangkaian acara Honda Day 2016, Honda Prospect Motor (HPM) menggelar ajang adu irit BBM city car andalan mereka, New Honda Brio, yang diikuti oleh puluhan jurnalis otomotif.

Sebanyak 30 unit New Honda Brio yang terdiri dari 15 unit New Honda Brio RS dan dan 15 unit New Honda Brio Satya, semuanya bertransmisi CVT, diturunkan dalam lomba adu irit BBM ini.

Bertajuk New Honda Brio Drive 2 Excitement, para jurnalis ditantang untuk melampaui konsumsi BBM di atas 21,9 km/liter. Angka yang menjadi patokan ini merupakan hasil yang diraih New Honda Brio Satya dalam ajang Liga Irit 2016 beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ribuan Anggota Komunitas Meriahkan Honda Day 2016

Lomba adu irit ini dimulai dari kantor pusat HPM di kawasan Sunter, Jakarta Utara dan finish di arena Honda Day 2016 di ICE-BSD City, Tangerang, dengan waktu maksimal 90 menit.

Adapun rute yang dilalui adalah melalui ruas tol Tanjung Priok, lalu melintasi tol Bandara Soekarno-Hatta, berbelok ke tol JORR Barat, dan beralih lagi ke tol Serpong hingga keluar di gerbang BSD City. Total jarak yang ditempuh adalah sekitar 56 kilometer.

Baca juga: HPM Serahkan 28 Unit Pertama Honda HR-V Mugen

Ditemani oleh seorang jurnalis senior dari koran nasional, INILAHCOM kebagian untuk mengendarai New Brio Satya. Dengan tetap menyalakan AC dan radio tape, kami memacu mobil dengan kecepatan maksimum 70 km/jam namun tetap menjaga putaran mesin di bawah 2.000 rpm.

Saat mengemudi, INILAHCOM juga terbantu dengan adanya lampu indikator ECO yang muncul pada panel indikator saat gaya berkendara kita 'dibaca' komputer memenuhi syarat efisien bahan bakar.

Tampilan MID (multi information display) yang ada pada indikator speedometer pun memberikan informasi berapa rata-rata konsumsi BBM yang terpakai. Dari sinilah patokan pengujian itu dihitung.

Saat melintasi jalan tol angka pada layar MID sempat menunjukkan angka 25,2 km/liter. Namun, angka itu turun menjadi 23,7 km/liter saat memasuki jalanan yang cukup padat selepas keluar gerbang BSD City. Meski demikian, patokan angka 21,9 km/liter yang ditentukan dalam ajang adu irit BBM ini terpecahkan.



Saat hasilnya resmi diumumkan oleh HPM di panggung Honda Day 2016 di ICE-BSD City, dari 30 mobil peserta ternyata ada 17 mobil yang mampu melewati tantangan ini, dengan rekor tertinggi mencapai 28,9 km/liter.

Sebagai informasi, New Honda Brio RS dan New Honda Brio Satya yang digunakan dalam ajang adu irit BBM ini, sama-sama menggendong mesin SOHC silinder segaris 16 katup i-VTEC berkapasitas 1.200cc.

Mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 90 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 110 Nm pada 4.800 rpm. [ikh]


Menjawab Tantangan Adu Irit New Honda Brio Baca Berita Dari Sumber http://ift.tt/2f19EiT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar