Rubrik Teknologi: NIO EP9, Mobil Listrik Tercepat di Dunia

Laman

Selasa, 29 November 2016

NIO EP9, Mobil Listrik Tercepat di Dunia

INILAHCOM, Beijing - Produsen mobil asal China yang bernama NextEV telah meluncurkan mobil super bernama NIO EP9 yang ditenagai oleh mesin elektrik.

Supercar bertenaga listrik ini kabarnya memiliki kecepatan tertinggi 194 mil/jam atau sekitar 312 km/jam, menjadikannya sebagai mobil listrik tercepat di dunia.

Angka 1.360 HP yang diusung NIO EP9 menunjukkan level tenaga dan kecepatan yang belum bisa ditandingi oleh supercar listrik lainnya.



Meskipun proyek ini belum sempurna, namun NIO EP9 seolah membuktikan kepada orang-orang bahwa mobil listrik pun bisa sehebat mobil berbahan bakar fosil.

Tidak hanya kecepatan tertingginya saja yang jadi bahan perbincangan, tapi atribut-atribut lainnya pun patut diperhitungkan.

Di bagian mesin, empat buah motor listrik mampu menghasilkan torsi 4.670 lb-ft (6.331 Nm) dari sistem penggerak 777 volt—jarak tempuh maksimal sejauh sekitar 426 km untuk sekali pengisian daya baterai. Berdasarkan standar EV mana pun, angka tersebut sangat mengagumkan.

Satu hal yang tidak diungkap oleh NextEV adalah akselerasi 0-100 km/jam. Namun seperti yang dilaporkan oleh Jalopnik, NIO EP9 diperkirakan mampu berakselerasi dari 0 sampai 124 mpj (199 kpj) hanya dalam 7,1 detik.

Dari sini setidaknya Anda bisa membayangkan betapa cepatnya akselerasi NIO EP9 dari 0 sampai 100 km/jam.

Lalu, kapan supercar listrik ini bisa dimiliki? Kabarnya, NextEV berencana hanya akan memproduksi enam unit NIO EP9 untuk pasar China pada tahun depan, dan belum ada informasi seputar pasar internasional.

Sama seperti proyek-proyek mobil listrik lainnya, NIO EP9 masih dalam tahap penyempurnaan, dan NextEV selaku pabrikan memiliki banyak tantangan yang harus diatasi sebelum masuk ke tahap produksi massal.


NIO EP9, Mobil Listrik Tercepat di Dunia Baca Berita Dari Sumber http://ift.tt/2fBB56N

Tidak ada komentar:

Posting Komentar