Rubrik Teknologi: Softbank Segera Akuisisi Uber

Laman

Kamis, 28 Desember 2017

Softbank Segera Akuisisi Uber

INILAHCOM, San Francisco - Sebuah konsorsium pimpinan SoftBank Group Corp siap membeli sejumlah besar saham Uber Technologies Inc melalui kesepakatan senilai US$48 miliar. Kesepakatan ini akan menjadi simbol kemenangan bagi CEO baru perusahaan online ini, Dara Khosrowshahi.

Harga itu merupakan diskon 30 persen dari valuasi terakhir Uber yang memiliki nilai sekitar US$68 miliar. Akuisisi tersebut akan memicu perubahan pada Uber yang saat ini tengah sibuk menghadapi tuduhan kejahatan, gugatan hukum dan keluhan terhadap kultur kerja.

Mengutip Reuters, SoftBank dan anggota konsorsium lainnya termasuk Dragoneer Investment Group, akan menguasai sekitar 17,5 persen saham Uber.

Porsi kepemilikan saham sebesar itu termasuk saham-saham yang dibeli dari investor dan karyawan pada valuasi sebesar US$48 miliar, selain US$1,25 miliar untuk investasi sebagai dana segar.

Uber menyatakan kesepakatan akuisisi akan dituntaskan tahun depan. Pada Kamis kemarin (28/12/2017), para investor sudah sepakat sejumlah saham kepada SoftBank untuk memuluskan transaksi itu.

SoftBank akan menguasai 15 persen saham, sedangkan sisa anggota konsorsium lainnya menguasai sekitar 3 persen saham.

Khosrowshahi, yang Agustus lalu menggantikan Travis Kalanick yang dipaksa mundur Juni silam, telah berperan besar dalam negosiasi kesepakatan itu.

Uber merugi sekitar US$1 miliar per triwulan sehingga dana segara menjadi sangat dibutuhkan. Uber berancana 'go public' pada 2019.

"Uber akan menggunakan dana investasi itu untuk mendukung investasi teknologi kami, mendorong pertumbuhan usaha kami, dan memperkuat tata kelola perusahaan kami," kata juru bicara Softbank, yang menolak disebutkan namanya, seperti dikutip Reuters.


Softbank Segera Akuisisi Uber Baca Berita Dari Sumber http://ift.tt/2C4kLXc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar