Rubrik Teknologi: Huawei Dahului Samsung Luncurkan Smartphone Lipat?

Laman

Senin, 30 Juli 2018

Huawei Dahului Samsung Luncurkan Smartphone Lipat?

INILAHCOM, Tokyo - Huawei dikabarkan berniat menyalip Samsung untuk menjadi produsen pertama yang merilis smartphone dengan layar lipat ke pasaran.

Mengutip Nikkei Asian Review, berdasarkan informasi yang berasal dari kalangan industri, smartphone layar lipat besutan Huawei bakal termasuk ke dalam kategori handset premium dan memakai panel layar OLED fleksibel bikinan BOE Technology Group, salah satu pemasok komponen dari China. “

"Upaya membuat smartphone layar lipat ini sebagian besar dimaksudkan sebagai demonstrasi kemampuan teknologi Huawei, sekaligus menarik perhatian industri dan media," demikian keterangan seorang sumber dari kalangan industri.

Baca juga: Huawei Ingin yang Pertama Rilis Smartphone Lipat

Beberapa bulan lalu, Huawei memang diketahui telah mengantongi paten terkait desain smartphone layar lipat berbentuk mirip buku yang ketika lipatannya dibuka akan menjadi perangkat tablet. Paten ini sudah diajukan pada November 2017 dan disetujui pada akhir Maret 2018.

Soal waktu perilisan, smartphone layar lipa besutan Huawei ini diprediksi sudah akan mulai dijual pada awal 2019. Namun, jumlahnya mungkin tak banyak, hanya di kisaran 20.000 hingga 30.000 unit saja.

Baca juga: Smartphone Lipat Huawei Bisa Jadi Tablet?

Masih belum diketahui apakah kualitas layar fleksibel buatan BOE Technology sebanding dengan layar serupa dari Samsung. BOE sendiri merupakan salah satu pabrikan panel display TV terbesar di dunia. Belakangan, mereka juga mulai melebarkan sayap ke industri panel layar OLED yang selama ini didominasi Samsung.

Kelebihan OLED dibandingkan layar LCD konvensional antara lain terletak pada sifatnya yang bisa dibentuk melengkung, tak harus rata dan kaku.

Baca juga: Huawei dan BOE Kembangkan Smartphone Layar Lipat

Bicara soal smartphone layar lipat buatan Samsung, perangkat tersebut kabarnya bakal dirilis pada paruh pertama 2019 untuk menandai ulang tahun smartphone seri Galaxy S. Karena itu namanya disebut-sebut sebagai 'Galaxy X'.

Namun, belakangan muncul pula rumor bahwa Galaxy X sebenarnya merupakan smartphone gaming dengan layar yang membentang selebar 7,3 inci yang bisa dilipat.


Huawei Dahului Samsung Luncurkan Smartphone Lipat? Baca Berita Dari Sumber https://ift.tt/2LEVzLS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar