Rubrik Teknologi: Samsung Bakal Bikin GPU Sendiri

Laman

Senin, 30 Juli 2018

Samsung Bakal Bikin GPU Sendiri

INILAHCOM, Seoul - Samsung kabarnya berencana untuk membuat prosesor pengolah grafis (GPU) sendiri.

Meski sudah memiliki chipset buatan sendiri, namun Samsung hingga saat ini masih bergantung pada ARM and Imagination untuk menyediakan pengolah grafis pada smartphone besutan mereka. Oleh karena itu, raksasa teknologi Korea Selatan ini berencana untuk membuat GPU mereka sendiri.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Samsung merekrut seorang mantan petinggi Nvidia guna mengembangkan GPU tersebut. Adalah Chien Ping Lu yang ditarik Samsung untuk memimpin proyek ini. Nantinya, GPU tersebut akan bernama SGPU alias Samsung GPU.

Penelitian SGPU sendiri sudah dimulai di markas pusat Samsung di Suwon, Korea Selatan. Di sana, penelitian dilakukan dengan menganalisa desain VLIW (Very Long Instruction Word), di mana prosesor mampu menjalankan instruksi secara paralel.

Hal ini berujung pada peningkatan performa sebuah perangkat digital. Desain ini dikatakan sangat baik digunakan untuk pengolahan grafis, termasuk juga dukungan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Chien Ping Lu atau yang kerap disapa CP bukan 'orang biasa' dalam dunia pengolahan grafis. Dia memiliki banyak paten terkait GPU dan pembelajaran mesin. Tak hanya itu, dia juga merupakan salah satu orang penting di NovuMind yang fokus dalam mengembangkan chip AI.

Meski demikian, belum ada kepastian kapan Samsung akan resmi merilis SGPU. Masih belum diketahui juga, smartphone apa yang pertama kali akan mengadopsi prosesor pengolah grafis ini.


Samsung Bakal Bikin GPU Sendiri Baca Berita Dari Sumber https://ift.tt/2LQTdsy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar