Rubrik Teknologi: Perkuat Keamanan, Google Kenalkan Kunci Fisik Baru

Laman

Minggu, 29 Juli 2018

Perkuat Keamanan, Google Kenalkan Kunci Fisik Baru

INILAHCOM, San Francisco - Google baru saja mengumumkan produk keamanan baru yang diberi nama Titan Security Key. Kini, produk tersebut tersedia untuk pelanggan cloud dan bisa digunakan oleh publik dalam waktu beberapa bulan ke depan.

Mengutip The Verge, kunci ini digunakan untuk autentikasi login via Bluetooth dan USB. Juru bicara Google menyebut bahwa Titan Security Key juga dilengkapi dengan firmware khusus buatan Google yang berfungsi untuk memverifikasi keasliannya.  

"Titan Security Key memberikan Anda rasa aman bahwa akun Anda terlindungi dengan kepastian dari Google akan integritas dari kunci fisik," kata Google dalam sebuah postingan di blog resmi mereka.

Menurut Google, Titan Security Key dibuat sesuai dengan spesifikasi FIDO, standar autentikasi yang didukung oleh sejumlah aplikasi dan peramban. Karena itu, kunci ini bisa digunakan untuk masuk ke layanan non-Google, meski layanan itu tidak akan bisa menggunakan firmware untuk melakukan verifikasi.

Akun Google sendiri telah mendukung penggunaan kunci keamanan fisik sejak 2014. Sama seperti kunci fisik lainnya, Titan Security Key akan memberikan keamanan yang lebih baik dari sekadar kode konfirmasi, yang bisa dicuri via serangan relay.

Pengguna yang ingin menggunakan Titan Security Key harus memastikan bahwa mereka tidak mengizinkan login tidak aman tanpa kunci melalui program Advanced Protection dari Google. Selain itu, pengguna juga sebaiknya memiliki kunci kedua sebagai cadangan jika kunci pertama hilang.

Google telah menguji kunci ini secara internal selama lebih dari satu tahun sebelum akhirnya benar-benar dirilis secara resmi.


Perkuat Keamanan, Google Kenalkan Kunci Fisik Baru Baca Berita Dari Sumber https://ift.tt/2mQoSMr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar