Rubrik Teknologi: Pelajar Vietnam Ciptakan Sepeda Pembersih Udara

Laman

Minggu, 31 Maret 2019

Pelajar Vietnam Ciptakan Sepeda Pembersih Udara

INILAHCOM, Hanoi - Sekelompok pelajar SMA di Vietnam menciptakan alat penyaring udara di sepeda, agar mereka tak lagi harus mengenakan masker anti-polusi saat berangkat dan pulang sekolah.

Mengutip BBC, tiga sekawan dari SMA Thang Long Gifted di Kota Dalat, Vietnam, menghabiskan waktu selama enam bulan untuk bereksperimen sebelum menyelesaikan rancangannya.

Alat yang dipasang pada bagian setang sepeda itu memiliki penyaring udara dan sebuah baterai. Penyaringnya menggunakan tiga lapis kapas dan lembaran filter karbon aktif untuk menangkap debu.

Alat penyaring tersebut terhubung dengan kipas kecil yang terpasang di kedua sisi roda depan, yang disambungkan dengan dinamo sepeda tersebut.

Kipas-kipas itu meniupkan udara bersih ke wajah pengendara sepeda, sekaligus mengisi daya baterai yang berfungsi mengaktifkan alat penyaring.

Hasil uji coba menunjukkan bahwa alat tersebut dapat menyaring 86 persen debu dan 63 persen nitrogen oksida, menurut keterangan pejabat lingkungan setempat.

Pham Gia Sam, guru fisika di sekolah itu, yakin bahwa hasil tersebut dapat dipercaya karena telah diperoleh melalui banyak uji coba di berbagai lokasi yang berbeda di kota itu.

Ketiga siswa yang menjadi juara kedua dalam kompetisi teknik dan sains nasional tingkat SMA pada tahun akademik ini, bertekad untuk melanjutkan penelitian mereka untuk mengembangkan alat tersebut agar bisa memberikan dampak maksimal.

"Tak lama lagi, kami akan memproduksi massal alat penyaring tersebut untuk sepeda listrik, yang dapat berkontribusi dalam upaya melindungi kesehatan masyarakat dan lingkungan," ujar Cao Thị Khanh Hoa, salah satu dari tiga pelajar tersebut.

Dan untuk menjaga agar ongkos produksi tetap rendah, mereka pun telah menggunakan bahan-bahan daur ulang.


Pelajar Vietnam Ciptakan Sepeda Pembersih Udara Baca Berita Dari Sumber https://ift.tt/2I8bBdU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar