Rubrik Teknologi: Selamat Tinggal BBM!

Laman

Jumat, 31 Mei 2019

Selamat Tinggal BBM!

INILAHCOM, Jakarta - BlackBerry Messenger (BBM) mengumumkan salam perpisahan kepada para pengguna yang telah menggunakan layanan aplikasi pesan instan yang sempat populer itu menyusul penghentian operasional mereka pada Juni 2019.

"PING!!! Hari ini terakhir menggunakan BBM. Terima kasih untuk semua dukungan dan kenangan bersama BBM," demikian pesan akun Twitter resmi @BBM, Jumat (31/5/2019).

BBM, yang dimiliki grup media Emtek, pada pertengahan April 2019 mengumumkan layanan BMM untuk konsumen dapat diakses hingga 31 Mei 2019.

Setelah menutup layanan untuk konsumen, BBM akan membuat BBM Enterprise, layanan komunikasi untuk pekerja dan dilengkapi dengan enkripsi end-to-end.

Baca juga: BBM Ditutup, BlackBerry Gantikan dengan BBMe

BlackBerry Messenger alias BBM bermula dari pesan instan khusus untuk pengguna ponsel BlackBerry, salah satu pionir aplikasi pesan instan yang populer di Indonesia.

Tidak seperti WhatsApp yang mengandalkan nomor ponsel, pengguna BBM harus menambahkan teman berdasarkan nomor pin, yang populer disebut 'Pin BB'.

Baca juga: Menyerah, BBM Stop Operasi 31 Mei 2019

Layanan BBM sempat kembali hidup di Indonesia di bawah naungan Emtek Group pada 2016 dan terus menghadapi perlawanan dari berbagai layanan serupa seperti WhatsApp, Telegram, WeChat, hingga Line.

Situs CrackBerry pada April lalu menulis alasan BBM tutup berkaitan dengan jumlah pengguna aktif, mereka kesulitan menambah pengguna baru.


Selamat Tinggal BBM! Baca Berita Dari Sumber http://bit.ly/2Wh3T9R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar