Rubrik Teknologi: Canon Resmi Luncuran EOS M6 Mark II dan EOS 90D

Laman

Jumat, 30 Agustus 2019

Canon Resmi Luncuran EOS M6 Mark II dan EOS 90D

INILAHCOM, San Francisco - Canon baru saja meluncurkan dua produk kamera sekaligus, yakni kamera mirrorless EOS M6 Mark II dan kamera DSLR EOS 90D.

Pabrikan asal Jepang itu mengklaim bahwa EOS M6 Mark II merupakan EOS 90D berbodi mirrorless, sehingga ukurannya lebih ringkas.

"Membawa kontrol dan fungsi dari Canon EOS DSLR ke kamera mirrorless yang ringkas, EOS M6 Mark II ditujukan bagi fotografer amatir tingkat lanjut," jelas Canon dalam keterangan resminya yang dikutip GSM Arena.

Beberapa fitur kedua kamera anyar ini memang terbilang sama. Meski demikian, tetap saja ada perbedaan di beberapa sektor.

EOS M6 Mark II

EOS M6 Mark II memiliki sensor APS-C CMOS beresolusi 32,5MP dengan lensa M-mount. Otak pemrosesan gambar ditopang oleh chipset DIGIC 8.

Kamera mirrorless ini memiliki ISO dengan rentang 100-25600 yang bisa ditingkatkan hingga 51200 dan kecepatan shutter elektroniknya adalah 1/16000 per detik. Kamera ini juga telah dibekali sistem Dual Pixel CMOS AF dalam mode 4K.

Untuk kapabilitas video, EOS M6 Mark II mendukung format 4K 30p dan Full HD 120p tanpa crop. Akan tetapi tidak bisa digunakan untuk melakukan perekaman dengan mode 4K 24fps.



Kamera mirrorless ini bisa menangkap gambar pada 14fps dengan penguncian fokus AF dan AE. Pada mode RAW Burst dengan kapabilitas pre-shooting, kamera bisa melakukan pengambilan gambar hingga 30fps.

EOS M6 Mark II turut dilengkapi jack untuk mikrofon dan layar fleksibel yang memudahkan pengguna untuk membuat vlog, sebagaimana seri Canon M sebelumnya. Sayangnya, kamera ini tidak dilengkapi headphone jack.

Di sektor konektivitas, Canon melengkapin kamera mirrorless terbarunya ini dengan fitur WiFi dan Bluetooth untuk memudahkan pemindahan file.

Tersedia juga juga USB Type-C yang bisa digunakan untuk konektivitas maupun mengisi daya. Di ruang penyimpanan terdapat UHS-II SD Card.

Kamera mirrorless ini turut dibekali jendela bidik EVF-DC2 yang bersifat opsional.

EOS 90D

Canon EOS 90D memiliki spesifikasi sensor, AF, dan kapabilitas video yang sama dengan EOS M6 Mark II. Perbedaannya terletak di kecepatan perekaman gambar.

EOS 90D hanya bisa menangkap gambar 10 fps pada mode Burst, lebih rendah dibanding EOS M6 Mark II.

Sementara itu, EOS 90D sudah memiliki viewfinder optis, layar sekunder untuk menampilkan status, dan joystick untuk menggerakkan titik fokus.

Kamera DSLR ini juga dirancang untuk tahan dari cuaca dan memiliki jack untuk headphone, berbeda dengan model mirrorless-nya. Namun, EOS 90D masih menggunakan konektor microUSB.



Untuk harganya, Canon membanderol EOS M6 Mark II US$850 atau sekitar Rp12 juta untuk bodinya saja (body only).

Sementara untuk EOS 90D mulai dijual dengan harga US$1.199 atau sekitar Rp17,1 juta untuk bodi kamera (body only).

Canon akan mulai memasarkan kedua kamera barunya ini pada akhir September mendatang.
 


Canon Resmi Luncuran EOS M6 Mark II dan EOS 90D Baca Berita Dari Sumber https://ift.tt/2L7Lq8i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar