Rubrik Teknologi: Garuda Larang MacBook Pro Masuk Pesawat

Laman

Kamis, 29 Agustus 2019

Garuda Larang MacBook Pro Masuk Pesawat

INILAHCOM, Jakarta - Garuda Indonesia mengeluarkan larangan untuk membawa produk laptop MacBook Pro tertentu ke dalam pesawat.

Hal tersebut disampaikan oleh VP Corporate Secretary Garuda Indonesia M. Ikhsan Rosan dalam keterangan tertulisnya.

"Maskapai nasional Garuda Indonesia mengeluarkan larangan bagi penumpang untuk membawa produk tersebut ke dalam pesawat baik di kabin, bagasi maupun layanan kargo," kata Ikhsan.

Adapun model MacBook yang dimaksud adalah adalah MacBook Pro 15 inci (Retina Display) yang dirilis pada pertengahan 2015. Perangkat ini dipasarkan antara 2015 hingga 2017.

Garuda melarang perangkat tersebut untuk di bawa 'terbang' lantaran model tersebut dianggap mudah terbakar.

Menurut Ikhsan, larangan ini juga sejalan dengan aturan yang dikeluarkan oleh European Union Aviation Safety Agency (EASA) serta regulasi dari IATA Dangerous Goods Regulations (Special Provisions A154) terkait pemblokiran produk MacBook.

Garuda pun memastikan akan terus berkoordinasi dengan pihak regulator maupun stakeholders lainnya untuk menindaklanjuti larangan membawa perangkat tersebut.

Meski demikian, belum bisa dipastikan bagaimana para petugas bandara atau maskapai penerbangan mengecek MacBook Pro yang dibekali dengan baterai yang mudah terbakar itu.

Sebelumnya, lembaga regulator penerbangan sipil Amerika Serikat (AS), FAA, juga melarang para penumpang membawa produk laptop besutan Apple ini ke dalam kabin pesawat dengan alasan yang sama.

Masalah ini juga diakui langsung oleh Apple. Dalam blog resminya, Apple mengakui beberapa baterai MacBook Pro 15 inci model 2015 yang dipasarkan antara 2015 hingga 2017 memang dilanda masalah dan mudah meledak.

Secara keseluruhan, di AS saja ada 432.000 unit MacBook Pro yang memiliki baterai bermasalah tersebut. Lalu di Kanada ada sekitar 26.000 unit.

Untuk mengetahui apakah MacBook Pro Anda terdampak atau tidak, silakan kunjungi situs Apple di tautan ini dan masukan nomor seri produk yang bersangkutan.

Apabila terdampak, Apple menawarkan program ganti baterai gratis dengan mekanisme sesuai yang tertera di situs tersebut.


Garuda Larang MacBook Pro Masuk Pesawat Baca Berita Dari Sumber https://ift.tt/2HzKc3P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar