Rubrik Teknologi: Ilmuwan Ciptakan Es Krim yang Tak Mudah Meleleh

Laman

Senin, 14 Agustus 2017

Ilmuwan Ciptakan Es Krim yang Tak Mudah Meleleh

INILAHCOM, Tokyo - Sekelompok ilmuwan Jepang berhasil mencipyakan es krim yang tak mudah meleleh. Kini, es krim itu pun telah dijual di berbagai kota di Jepang di bawah label Kanazawa Ice.

Penemuan es krim yang tidak gampang mencair tersebut terjadi secara tak sengaja ketika para peneliti di Biotherapy Development Research Center, Kanazawa, Jepang, tengah berusaha mendaur ulang stroberi yang rusak dari Prefektur Miyagi.

Mereka meminta seorang pembuat kue untuk menciptakan permen baru dari polyphenol, sebuah cairan yang diambil dari stroberi. Namun, sang pembuat kue mengeluh karena krimnya selalu mengeras ketika tersentuh polyphenol. Ketika itulah para peneliti menyadari bahwa mereka telah menemukan sesuatu yang 'luar biasa'.

Kepada Asahi Shimbun, pengembang es krim tersebut, Tomihisa Ota, mengatakan, cairan polyphenol memiliki kemampuan yang membuat air dan minyak sulit memisah sehingga es krim yang mengandung cairan ini bisa mempertahankan bentuknya lebih lama dari biasanya dan sulit meleleh.

Hal ini pun dibuktikan oleh SoraNews yang melaporkan bahwa es krim tersebut sama sekali tidak mencair setelah ditinggalkan selama tiga jam pada suhu ruang.

Takeshi Toyoda, presiden dari Biotherapy Development Research Center, juga berkata bahwa es krim tersebut tetap akan bisa mempertahankan bentuknya walaupun disemburkan angin panas dari alat pengering rambut atau hair dryer.


Ilmuwan Ciptakan Es Krim yang Tak Mudah Meleleh Baca Berita Dari Sumber http://ini.la/2397640

Tidak ada komentar:

Posting Komentar